JAYALAH TENTARA NASIONAL INDONESIA

Rabu, 15 Juni 2011

ADMINISTRATOR

Manajemen aplikasi terdapat pada menu Petunjuk dan Menu Administrator. Menu Petunjuk merupakan menu untuk memberikan penjelasan kepada pemakai tentang aplikasi ini dan penjelasan mengenai pengisian Formulir Barang, sedangkan menu Administrator merupakan menu untuk mendaftarkan sekaligus mengatur wewenang dari user, merubah konfigurasi aplikasi, mengganti password pemakai, menambah atau mengurangi menu yang ada.


Aplikasi Simak BMN

1. Petunjuk
Modul ini berfungsi untuk memberikan informasi kepada pemakai mengenai cara penggunaan aplikasi dan pengisian formulir.
Terdiri dari submenu : Aplikasi dan Formulir.

Menu Petunjuk
Klik dua kali pada pilihan “Aplikasi” maka akan muncul layar informasi seperti dibawah ini :

Modul ini dipakai untuk menjelaskan kepada pemakai mengenai kegunaan menu-menu yang terdapat dalam aplikasi ini.

Selanjutnya klik dua kali pada bagian “Formulir”, maka akan muncul layar informasi seperti di bawah ini :

Modul ini dipakai untuk memberikan penjelasan mengenai pengisian Formulir Barang yang ada.

Selanjutnya klik dua kali pada bagian “Pengoperasian”, maka akan muncul layar informasi seperti di bawah ini :

Modul ini digunakan untuk memberikan petunjuk bagaimana mengoperasikan aplikasi ini dalam tiap-tiap modulnya.

2. Administrator

Modul ini mempunyai submenu yaitu :



a. Ganti Password

Untuk menampilkan form Ganti Password, klik dua kali pada menu Ganti Password dan akan muncul form seperti dibawah ini.

Form Change Password

• Masukan password lama pada kolom old password lalu tekan enter;



• Masukan password baru pada kolom new password password lalu tekan enter;
• Masukan kembali password baru pada kolom Re-Enter password lalu tekan enter;



• Pilih tombol OK untuk merubah password atau pilih tombol Cancel untuk membatalkan pengantian password.

b. Konfigurasi Sistem
Menu Configurasi Sistem berfungsi untuk mengatur konfigurasi yang dipakai dalam sistem aplikasi ini.
Untuk menampilkan form Configurasi Sistem, klik dua kali pada menu Configurasi Sistem dan akan muncul form seperti dibawah ini.

Form Configurasi Sistem

Header 1,2, dan 3 : diisi uraian dari satuan pengguna aplikasi yang bertujuan untuk mencetak kopstuk dari laporan
Home Dir : Diisi direktori tempat aplikasi berada
Export/Impor Dir : diisi direktori tempat data akan di export/import. Bagian ini dipakai sebagai default dari isian saat backup/restore data
Picture Dir : diisi direktori tempat kumpulan gambar-gambar yang ada. Bagian ini dipakai untuk menunjuk alamat saat pengisian dokumen pendukung dari BMN
Sound Login : diisi nama file yang berektension WAV sebagai lagu pembuka saat aplikasi dijalankan pertama kali
Juml.Bulan dlm periode Anggaran : diisi angka 1-12 yang menjadi batasan dari periode anggaran yang akan berlaku saat pengisian data
DB Server : diisi nama server database yang akan digunakan
DB User ID / DB Password : diisi user dan password yang bisa mengakses Database yg digunakan oleh aplikasi
DB Name : diisi nama database yang akan digunakan oleh aplikasi
ODBC Connection String : adalah merupakan penjabaran dari Database yang digunakan oleh aplikasi yang menunjukkan lokasi Database dan Server yang akan dipakai untuk mengambil dan menyimpan data. Bentuk “script” harus sesuai isian awal yang sudah ada.

c. Pemeliharaan Grup User
Menu Pemeliharaan Grup User berfungsi untuk membuat kelompok user dan menentukan kewenangannya dalam penggunaan aplikasi.
Untuk menampilkan form pembuatan Pemeliharaan Grup User, klik dua kali pada submenu Pemeliharaan Grup User dan akan muncul form seperti dibawah ini.

Form Pemeliharaan Grup User
Menambah Grup.
1. Masukan nama kelompoknya;

form Input Kelompok

2. Pilih tombol Add ALL untuk memberi wewenang terhadap semua menu atau pilih menu yang menjadi wewenang dari kelompok tersebut dengan cara klik dua kali pada tabel sebelah kiri satu persatu menu yang dikehendaki;

3. Pilih OK pada bagian bawah form ini untuk menyimpan data kelompok yang baru dimasukan atau pilih tombol Cancel untuk membatalkan proses penambahan kelompok tersebut,
Penting.
Pastikan Menu yang dipilih juga mengikutkan menu induknya, misalkan ingin memilih menu Perolehan BMN (0101), maka harus memilih juga menu transaksi (01)

Merubah Wewenang Grup.
1. Masukan nama kelompoknya lalu tekan Enter;


2. Untuk Menghapus semua menu yang dapat diakses oleh kelompok tersebut cukup dengan memilih tombol Del ALL;
3. Untuk menambah menu yang menjadi wewenang dari kelompok tersebut dengan cara klik dua kali pada tabel sebelah kiri dan untuk mengurangi menu yang menjadi wewenang dari kelompok tersebut dengan cara klik dua kali pada tabel sebelah kanan

4. Pilih OK pada bagian bawah form ini untuk menyimpan data kelompok yang baru dimasukan atau pilih tombol Cancel untuk membatalkan proses penambahan kelompok tersebut,

d. Hak / Otorisasi Aplikasi
Modul ini berfungsi untuk membuat atau mengoreksi user dan passwordnya serta menentukan kewenangannya.
Untuk menampilkan form ini, klik dua kali pada menu Hak/Otorisasi Aplikasi dan akan muncul form seperti dibawah ini.

Form Pemeliharaan Identitas User

Menambah User.
1. Masukan User ID dan nama usernya;
2. Masukan juga pangkat dan NRP dari user tersebut;
3. Pilih Unit Organisasi untuk user tersebut dan pilihan UO bisa lebih dari satu;
4. Piliha Satker untuk user ID tersebut dan pilihan Satker juga bisa lebih dari satu;
5. Pilih grup untuk user tersebut;
6. Masukkan password untuk user tersebut;
7. Masukan ulang passwordnya (harus sama dengan yang diatasnya);
8. Pilih menu yang menjadi wewenang dari user tersebut dengan cara klik dua kali pada tabel sebelah kiri atau biarkan sesuai dengan wewenang kelompok yang dipilih sebelumnya;
9. Pilih OK pada bagian bawah form ini untuk menyimpan data kelompok yang baru dimasukan atau pilih tombol Cancel untuk membatalkan proses penambahan kelompok tersebut,
Merubah Wewenang User.
Pada bagian ini, kita hanya dapat mengubah password, kelompok dan wewenang dari user tersebut terhadap menu. Kita tidak dapat mengubah identitas (User ID) dari user tersebut.
1. Masukan identitas usernya lalu tekan Enter;


2. Pilih kolom yang ingin diubah dari user tersebut;
3. Pilih OK pada bagian bawah form ini untuk menyimpan data kelompok yang baru dimasukan atau pilih tombol Cancel untuk membatalkan proses penambahan kelompok tersebut.

e. Otentifikasi

Modul ini dipakai untuk melakukan pengesahan data BMN yang bertujuan untuk mempertanggung jawabkan kebenaran dari data yang telah dimasukkan kedalam sistem. Pengesahan ini juga berhubungan dengan penutupan periode anggaran dalam arti apabila masih ada data yang belum diotentifikasi pada periode anggaran berjalan maka periode anggaran tersebut tidak dapat ditutup sehingga tidak dapat pula berganti ke periode anggaran selanjutnya. Bentuk layar isiannya adalah seperti dibawah ini :


UO : pilih UO sesuai data yang akan diotentifikasi
Satpor : pilih Satpor sesuai data yang akan diotentifikasi
Perolehan BMN : beri tanda “centang” apabila akan melakukan otentifikasi data perolehan BMN
Perubahan BMN : beri tanda “centang” apabila akan melakukan otentifikasi data perubahan BMN
Penghapusan BMN : beri tanda “centang” apabila akan melakukan otentifikasi data penghapusan BMN
Analisa Data : Klik tombol ini untuk melihat data-data yang masih belum terotentifikasi
Proses : Klik tombol ini untuk melanjutkan proses apabila data yang ditampilkan dari hasil analisa sudah sesuai. Jangan lupa mencetak bukti otentifikasi yang telah dilakukan


f. Tutup Periode Anggaran

Modul ini dipakai untuk melakukan penutupan periode anggaran buku dan selanjutnya mengganti dengan periode anggaran yang baru. Adapun syarat dari penutupan periode anggaran buku ini adalah semua data transaksi pada periode anggaran yang akan ditutup harus sudah diotentifikasi/disahkan oleh pejabat yang berwenang. Bentuk layar isian pada modul ini adalah sbb :





Untuk melakukan proses tutup periode anggaran terlebih dahulu lakukan analisa data dan apabila hasilnya sudah sesuai maka lanjutkan dengan menekan tombol “Proses”.

g. Pengiriman dan Penerimaan Data Transaksi

Modul ini dipakai untuk menerima atau mengirimkan data transaksi beserta KIBnya secara offline dari satker terkecil kepada satker/kotama/pembina fungsi diatasnya.
Modul ini tidak diperlukan apabila site/titik/cabang terhubung ke database dengan jaringan secara online.
Adapun syarat dari pengiriman data ini adalah dilakukannya otentifikasi/pengesahan terlebih dahulu sebelum data dikirimkan. Tekan tombol “Analisa Data” maka data-data yang siap dikirim akan ditampilkan terlebih dahulu dilayar, selanjutnya tekan tombol “Proses” apabila data yang akan dikirim sudah valid.
Bentuk layar isian parameter dari modul ini adalah sbb :


FTP Setup : untuk menempatkan alamat (IP Address) dari server Kotama yang dituju dan ini hanya berlaku bagi satker yang online saja. Tanyakan secara benar alamat / IP address dari server kotama secara benar dan sejelas mungkin agar data terkirim pada tempat dan tujuan yang benar
Lokasi File : tentukan folder tempat pengiriman atau penerimaan data transaksinya
Periode Anggaran : pilih periode anggaran yang terdapat pada tabel
UO : pilih UO sesuai data yang akan dikirim/terima
Satpor : pilih Satpor sesuai data yang akan dikirim/terima
Perolehan BMN : beri tanda “centang” apabila akan melakukan pengiriman/penerimaan data perolehan BMN
Perubahan BMN : beri tanda “centang” apabila akan melakukan pengiriman/penerimaan data perubahan BMN
Penghapusan BMN : beri tanda “centang” apabila akan melakukan pengiriman/penerimaan data penghapusan BMN
Saldo Awal : beri tanda “centang” apabila akan melakukan pengiriman/penerimaan data saldo awal BMN
Tanggal kirim/terima: isian pada kolom ini akan mempengaruhi penamaan file yang akan dikirim/diterima
Analisa Data : Klik tombol ini untuk melihat data-data yang akan dikirim/diterima
Proses : Klik tombol ini untuk melanjutkan proses apabila data yang ditampilkan dari hasil analisa sudah sesuai. Jangan lupa mencetak bukti pengiriman/penerimaan yang telah dilakukan


h. Penerimaan data SKOP

Modul ini dipakai untuk menerima data tabel Otorisasi sebagai referensi dalam pengisian data FIB (Formulir Isian Barang).
Bentuk layar isian parameter dari modul ini adalah sbb :


UO : dipilih untuk menentukan data SKOP yang diterima milik Unit Organisasi yang mana
Sumber Data : dipilih antara data yang berasal dari teks atau data yang berasal dari excel
Nama File : diisi lengkap dengan lokasi (path) dari file yang akan diimpor datanya
Proses : klik tombol ini untuk memulai proses penerimaan data

Dibagian layar bawah adalah contoh dari format file yang akan diimpor datanya, apabila file yang diimpor tidak memenuhi format yang dicontohkan maka proses impor data ini akan gagal.

i. Ekspor Neraca ke SAK

Modul ini dipakai untuk mengirimkan elemen-elemen data hasil proses sistem berupa laporan Neraca Barang ke dalam aplikasi SAK (Sistem Akuntansi Keuangan).
Bentuk layar isian parameter dari modul ini adalah sbb:


Lokasi Ekspor File : diisi uraian lokasi (direktori) untuk menentukan data yang akan dikirim akan disimpan lokasi/folder mana.
UO : dipilih untuk menentukan data BMN yang dikirim milik Unit Organisasi yang mana
Satpor : dipilih untuk menentukan data BMN yang dikirim milik Satpor yang mana
Nama File : diisi lengkap dengan lokasi (path) dari file yang akan diimpor datanya
Satker Keuangan : berisi keterangan dari kode satker yang mengirim. Bagian ini telah ditentukan sebelumnya dan pengaturannya disesuaikan dengan user/pemakai yang sedang login dalam aplikasi ini
Sld Awal & Transaksi : klik tombol ini untuk memulai proses analisa data saldo awal dan data transaksi yang akan dikirim
Hanya Transaksi : klik tombol ini untuk memulai proses analisa data transaksi saja yang akan dikirim
Ekspor : klik tombol ini bila data yang tertera pada tabel sudah sesuai yang diharapkan

Adapun hasil dari keluaran modul ini adalah berupa file teks yang berisikan data sbb :
• Kolom 1 : Kode Satker sesuai kebutuhan keuangan (max. 10 digit)
• Kolom 2 : Kode Perkiraan (6 digit)
• Kolom 3 : Nilai dari masing-masing perkiraan
• Kolom 4 : Periode pengiriman

Nama teks file dari bentukan modul ini adalah :
+”_”++”.TXT”

Dibawah ini adalah contoh teks file sebagai hasil dari keluaran modul ini dengan nama file “01010106_20080630.TXT”




j. Ekspor BMN/SKOP ke SAK

Modul ini dipakai untuk mengirimkan elemen-elemen data hasil proses sistem berupa rekapitulasi barang per SKOP/otorisasi barang per Satker ke dalam aplikasi SAK (Sistem Akuntansi Keuangan).
Bentuk layar isian parameter dari modul ini adalah sbb:


k. Menu Editor
Menu Menu Editor berfungsi untuk mengubah tampilan menu.
Untuk menampilkan form Menu Editor, klik dua kali pada menu Menu Editor dan akan muncul form seperti dibawah ini.

Form Menu Editor

l. Backup Database
Menu Backup Database berfungsi untuk melakukan backup lengkap satu database yang sudah diisikan.
Untuk menampilkan form Backup Database, klik dua kali pada menu Backup Database dan akan muncul form seperti dibawah ini:



Lokasi File : diisi lokasi/folder dimana database akan dibackup
Nama File Backup : diisi nama file hasil backup

Adapun hasil dari backup data adalah berupa beberapa file seperti di bawah ini :


m. Ekspor / Impor Tabel Referensi

Menu Ekspor/Impor Tabel Referensi berfungsi untuk melakukan transfer data atau menerima data apabila ada penambahan barang baru pada tabel referensi.
Bentuk layar isiannya adalah sebagai berikut :



Lokasi File : menentukan letak file data yang akan diekspor atau impor
Daftar Tabel Referensi : beri tanda “centang” pada pilihan untuk tabel yang akan diekpor atau impor
Klik “Ekspor” : untuk melakukan pengiriman data tabel referensi
Klik “Impor” : untuk melakukan penerimaan data tabel referensi


n. Informasi Data Terkirim

Menu Informasi Data Terkirim berfungsi untuk melihat satker-satker mana saja yang sudah melakukan pengiriman data dan data semester berapa saja yang terkirim.
Bentuk layar isiannya adalah sebagai berikut :



Dan hasil output dari modul ini adalah sebagai berikut :









o. Pengiriman Data Depkeu

Menu Pengiriman Data Depkeu ini hampir sama pengoperasiannya dengan menu pengiriman data dari Satker ke Kotama hanya perbedaannya terletak pada format data yang dikirim. Pada menu ini data yang dikirim menyesuaikan dengan format yang sudah ditentukan oleh Depkeu sehingga dapat langsung diterima oleh aplikasi SIMAKBMN versi Depkeu.


Bentuk layar isiannya adalah sebagai berikut :






p. Penerimaan Data Depkeu


Menu Penerimaan Data Depkeu ini hampir sama pengoperasiannya dengan menu pengiriman data Depkeu hanya saja bagian ini dipakai untuk memasukkan secara langsung hasil koreksi penilaian barang dari Depkeu (IP)

Bentuk layar isiannya adalah sebagai berikut :

1 komentar: