JAYALAH TENTARA NASIONAL INDONESIA

Senin, 13 Juni 2011

PENDAHULUAN

1. LATAR BELAKANG

Kekayaan negara yang berada dilingkungan Dephan & TNI, terutama kekayaan berupa barang tak bergerak dan barang bergerak sering kali tidak terpelihara dengan baik. Hal ini dipengaruhi oleh tidak lengkap atau tidak akuratnya data – data kekayaan negara tersebut, yang mengakibatkan tidak dapat diajukannya suatu anggaran untuk pemeliharaan atau perbaikan kekayaan tersebut.
Dengan tidak akuratnya data atau bahkan tidak adanya data tentang kekayaan negara itu, hal ini tidak menutup kemungkinan akan hilangnya kekayaan negara tersebut yang nantinya akan sangat mempengaruhi kinerja dari Dephan & TNI itu sendiri.
Dengan dibangunnya sistem informasi manajemen dan akuntansi barang milik negara (Simak BMN) ini diharapkan kekayaan-kekayaan negara itu dapat terpelihara dengan baik dan juga diharapkan sistem ini dapat memfasilitasi upaya untuk memenuhi tuntutan peningkatan kinerja personil dan efisiensi pemanfaatan sumberdaya dalam penyusunan anggaran.

2. PERALATAN YANG DIBUTUHKAN

Peralatan yang dibutuhkan terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang terdiri seperti dibawah ini.


Hardware (Perangkat Keras) yang digunakan.

Untuk dapat mengoperasikan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen & Akuntansi Barang Milik Negara (Simak BMN) Dephan & TNI, diperlukan beberapa peralatan ( perangkat keras ) sebagai berikut :

a. Server,
Processor Intel Dual Core Xeon 1,6 Ghz, Memory 1 GB, Harddisk 160 GB, Mouse, Keyboard, DVD Rom, CD/RW, Ethernet Card.

b. Mikro Komputer (PC),
Processor Intel Core Xeon 1,6 Ghz, Harddisk 80 GB Sata, Memory 1 GB, Card Reader 9 in 1, Mouse, Keyboard, Modem, DVD-Combo, Ethernet Card dan LCD Monitor 19”.

c. Printer yang digunakan dapat berupa printer colour atau printer dotmatrik sesuai dengan kebutuhan pencetakan.
Software (Perangkat Lunak) yang digunakan.

Untuk dapat mengoperasikan Aplikasi Simak BMN Dephan & TNI, diperlukan beberapa software ( perangkat lunak ) sebagai berikut :

a. Windows Server ( diinstal dan siap pakai ) untuk server.
b. Microsoft Office ( diinstal dan siap pakai) untuk server.
c. Windows XP SP2 ( diinstal dan siap pakai) untuk client.
d. Microsoft Office XP Pro ( diinstal dan siap pakai) untuk client.
e. Visual Foxpro ( diinstal dan siap pakai).
f. Database Foxpro ( diinstal dan siap pakai).
g. Microsoft SQL Server 2000 ( diinstal dan siap pakai).


3. INSTALLASI APLIKASI SIMAK BMN
Langkah – langkah yang dilakukan :
1. Masukan CD Installer Aplikasi SIMAK BMN ke dalam CD Drive Komputer anda sampai sistem pada komputer anda akan menjalankan autorun pada CD Drive anda yang kemudian akan melakukan perintah installasi Aplikasi SIMAK BMN pada Komputer anda.
2. Kemudian akan tampil box dialog security installasi unutk Aplikasi SIMAK BMN seperti gambar di bawah ini :

Gambar Security Aplikasi
Kemudian masukan password pada box dialog diatas dengan password : 12345 kemudian tekan tombol OK.
3. Kemudian akan tampak gambar seperti dibawah ini :

4. Kemudian klik tombol Next pada gambar di bawah ini :

5. Setelah tampil box dialog seperti tampak pada gambar diatas kemudian akan tampil box dialog unutk menentukan penyimpanan file installasi Aplikasi SIMAK BMN seperti tampak pada gambar dibawah ini :

Kemudian klik tombol Next.

6. Maka akan muncul box dialog seperti gambar dibawah ini kemudian klik tombol Install.

7. Setelah itu akan muncul box dialog seperti gambar dibawah ini lalu tunggu sampai installasi selesai. Mungkin akan membutuhkan beberapa menit untuk melakukan installasi Aplikasi ini.

8. Setelah installasi selesai maka akan muncul box dialog seperti gambar dibawah ini :
Kemudian Klik tombol Finish.

9. Setelah itu Jalankan Aplikasi SIMAK BMN pada komputer anda. Pada desktop komputer anda akan terdapat ikon Aplikasi Simak BMN Dephan & TNI atau pada sistem Start Menu Komputer anda dibagian Program.

10. Jika anda pertama kali melakukan installasi Aplikasi ini, pada saat anda menjalankan Aplikasi ini maka akan muncul box dialog seperti gambar dibawah ini :
gambar diatas adalah salah satu tahapan yang harus anda lakukan dalam menjalankan aplikasi ini dengan catatan, tahapan ini akan muncul hanya sekali saja saat anda pertama kali menjalankan aplikasi Simak BMN Dephan & TNI. Gambar diatas adalah tahapan Setup Database unutk Aplikasi ini. Anda diharuskan menentukan lokasi Database yang akan anda pakai, kemudian abaikan saja pada perintah untuk memasukan UI dan Password koneksi databasenya, kemudian tetukan Db Name yang akan digunakan dalam hal ini untuk memudahkan administrator namai Db Name dengan SIMAKBMN. Kemudian pada perintah Db Backup anda dapat memilih penamaan Db Backup sesuai dengan UO masing – masing seperti gambar dibawah ini :

11. Setelah itu Klik tombol Create pada gambar diatas. Kemudian akan muncul tahapan berikutnya seperti tampak pada gambar dibawah ini :

gambar diatas adalah petunjuk untuk Setup User untuk anda nantinya dalam menjalankan Aplikasi ini. Perhatikan dan ingat – ingat langkah ini terutama dalam pengisian ID User dan Password. Selanjutnya perhatikan pada perintah pengisian Lokasi Aplikasi, maksudnya disini adalah anda sebagai user atau pengguna Aplikasi ini berdiri sebagai apa? Pilih salah satunya. dalam hal ini saya gunakan Lokasi Aplikasi pada Satker. Kemudian masukan ID User, Nama User, Pangkat, NRP (untuk Pangkat dan NRP anda tidak wajib mengisinya), Password, Pilih UO dan Satker/Kesatuan. Kemudian Klik tombol Create. Jika anda sudah melakukan semua perintah pada tahapan ini maka akan muncul box dialog seperti gambar dibawah ini :

pada gambar diatas terdapat box dialog yang akan melakukan apakah anda akan menyimpan tahapan ini? Klik Yes untuk untuk mengakhiri tahapan ini. Kemudian tunggu sampai muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :

Kemudian masukan User ID dan Password yang tadi anda buat unutk masuk kedalam Aplikasi ini. Gambar diatas selanjutnya akan muncul pertama kali jika anda manjalankan Aplikasi Simak BMN Dephan & TNI.

4. PENGOPERASIAN APLIKASI SIMAK BMN

Langkah-langkah yang dilakukan :
1. Periksa pada desktop (layar utama) komputer, apakah terdapat ikon Aplikasi Simak BMN Dephan & TNI, bila tidak ada segera hubungi administrator.

Gambar Ikon Aplikasi

2. Klik dua kali pada ikon Aplikasi.
3. Tunggu beberapa saat, pada layar monitor akan tampil seperti dibawah ini :

Form Login
4. Masukan Username pada kolom user ID
5. Masukan password pada kolom password;
6. Apabila username dan atau password yang dimasukan salah atau tidak dikenali oleh aplikasi maka akan tampil kotak konfirmasi seperti dibawah ini.

7. Pilih tombol OK dan masukan kembali username dan password yang benar.
8. Untuk memilih salah satu menu lakukan dengan menggunakan mouse dan klik dua kali pada menu tersebut.

Tampilan Aplikasi Simak BMN Dephan & TNI

2 komentar:

  1. cara menentukan kode satker dan kode pelapor gimana pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kode Satker dibuat scr otomatis dari sistem, sedangkan kode satpor adalah kode Satminkal yang ada di jajaran TNI AD

      Hapus