JAYALAH TENTARA NASIONAL INDONESIA

Rabu, 15 Juni 2011

TRANSAKSI

Perekaman transaksi dalam aplikasi ini merupakan perekaman data mengenai inventarisasi kekayaan negara di lingkungan TNI berupa barang tak bergerak, barang bergerak, hewan dan tanaman, konstruksi dalam pengerjaan, dan persediaan. Perekaman transaksi terdapat pada menu Transaksi.
Tampilan Menu Transaksi

Pada perekaman transaksi terdapat enam bagian yang terdiri dari perolehan BMN, perubahan BMN, penghapusan BMN, inventaris BMN, Otentifikasi/pengesahan, tutup periode anggaran.

1. Perolehan BMN

Modul ini dipakai untuk memasukkan data perolehan BMN, baik data baru atau hasil transfer/hibah dari satker/departemen yang lain. Apabila dipilih maka akan tampil layar isian sbb :
UO : Sistem akan secara otomatis menempatkan pilihan UO sesuai user ID yang digunakan.

Kotama : Sistem akan secara otomatis menampilkan keterangan kotama sesuai pilihan satpornya.

Satpor : Sistem akan secara otomatis menempatkan pilihan satpor sesuai user ID yang digunakan.

Jenis Trx : Adalah pilihan dari jenis transaksi yang akan dimasukkan, yang meliputi :

a. Pembelian
b. Transfer Masuk
c. Hibah (Masuk)
d. Rampasan
e. Penyelesaian Pembangunan
f. Pembatalan Penghapusan
g. Reklasifikasi Masuk
h. Bangun Serah Guna
i. Bangun Guna Serah
j. Pertukaran
k. Perolehan Lainnya
l. Reklasifikasi dari Aset Tetap ke Aset Lainnya

Kelompok : Adalah pilihan dari kelompok barang milik negara, yang meliputi

a. Barang Tidak Bergerak
b. Barang Bergerak
c. Hewan & Tanaman
d. Piranti Lunak
Komoditi : Adalah pilihan yang merupakan bagian lebih detil dari kelompok barang. Jadi isi pilihan dari Komoditi tergantung dari Kelompok barang yang dipilih.
:Tombol ini dipakai untuk menambahkan/mengisikan data baru dan apabila tombol ini ditekan akan tampil layar seperti dibawah ini :
a. Pilih tombol ”FIB Baru” apabila akan membuat / mengisi Formulir isian barang yang benar-2 baru dan belum pernah sekalipun dimasukkan kedalam sistem. Selanjutnya akan tampil layar isian sbb :
Tampilan Formulir Isian Barang (FIB) – Tanah (Detil Informasi)

Kemudian Klik Halaman ”Dokumen Pelengkap” untuk mengisikan gambar-gambar lokasi/bukti/MOU/lainnya sebagai pelengkap data, dan bentuk tampilannya sbb:
Tampilan Formulir Isian Barang (FIB) – Tanah (Dok. Pelengkap)

Layar yang tampil mempunyai isian yang berbeda-beda tergantung kelompok barang dan komoditinya, untuk contoh diatas adalah layar isian untuk kelompok Barang Tidak Bergerak dengan komoditi Tanah.

Dibawah ini adalah layar isian untuk FIB Bangunan, FIB Barang Bergerak, dan FIB KDP.
Tampilan Formulir Isian Identitas Barang (FIB) – Bangunan (Identitas)

Klik halaman ”Keterangan” untuk mengisikan keterangan-keterangan yang diperlukan, dan bentuk tampilannya adalah sbb :
Tampilan Formulir Isian Barang (FIB) – Bangunan (Keterangan)

Klik halaman ”Dokumen Pelengkap” untuk mengisikan gambar-gambar lokasi/bukti/MOU/lainnya sebagai pelengkap data, dan bentuk tampilannya sbb:
Tampilan Formulir Isian Barang (FIB) – Bangunan (Dok. Pelengkap)

Berikut adalah form isian FIB untuk isian Kelompok BB atau Piranti Lunak komoditi Ranpur
Tampilan Formulir Isian Barang (FIB) BB - Ranpur (Detil Informasi)

Klik halaman ”Dokumen Pelengkap” untuk mengisikan gambar-gambar lokasi/bukti/MOU/lainnya sebagai pelengkap data, dan bentuk tampilannya sbb:
Tampilan Formulir Isian Barang (FIB) BB - Ranpur (Dok. Pelengkap)

Untuk semua kolom isian FIB, user tinggal memilih pilihan yang ada atau mengisikan uraian-uraian yang ada sesuai kolomnya. Perlu diperhatikan untuk kolom isian nomor registrasi, sistem akan memberikan penomoran secara otomatis sesuai ketentuan yang berlaku. Adapun ketentuan yang berlaku adalah sbb :
Selanjutnya tekan tombol untuk melakukan menyimpanan data.

b. Pilih tombol ”Pilih FIB” jika sudah pernah memasukkan formulir isian barang sebelumnya sehingga sistem akan menampilkan daftar barang yang ada sesuai kriteria yang telah dimasukkan. Selanjutnya akan tampil layar pilihan FIB sbb :

c. Pilih tombol ”Tanpa FIB” jika hanya ingin memasukkan nilai barangnya saja tanpa disertai data-data pendukung/pelengkap lainnya, biasanya ini hanya dilakukan untuk melakukan koreksi/adjusment nilai suatu barang.

Setelah memilih salah satu tombol tersebut diatas, selanjutnya akan diminta memasukkan beberapa isian sbb:

Tgl. Pembukuan : Diisi dengan tanggal dibukukannya data. Pengisian tanggal ini dibatasi sesuai periode anggaran yang aktif saat pengisian data tersebut.
Dasar Harga : Dipilih antara perolehan atau taksiran
Kuantitas : Diisi seusai jumlah barang yang akan dimasukkan dalam sistem
Harga : Diisi harga perolehan barang
Kondisi : Dipilih sesuai pilihan yang ada
No. Bukti : Diisi seusai nomor bukti yang ada
Keterangan : Diisi apabila diperlukan keterangan tambahan
: Pilih tombol ini jika ingin menyimpan data yang telah diisikan dan data masih bisa dikoreksi kembali jika ternyata terjadi kesalahan.
Tombol
: Pilih tombol ini jika ingin mengubah data yang telah disimpan.
: Pilih tombol ini jika ingin menghapus data yang telah disimpan.
: Pilih tombol ini jika ingin memperbanyak data yang telah disimpan tetapi mempunyai nomor registrasi yang berbeda. Tampilian layar isiannya adalah sbb :

Terdapat beberapa parameter yang harus diisikan yaitu :
Usulan Bentuk No. Reg : yaitu susunan dari nomor registrasi barang hasil copy-an
Dimulai dari : yaitu nomor urut registrasi barang dimulai dari angka berapa
Diperbanyak sejumlah : yaitu banyaknya record yang akan dibentuk dari proses copy ini

2. Perubahan BMN

Modul ini dipakai untuk membuat transaksi perubahan pada BMN terutama yang berhubungan dengan perubahan nilai barang (Kapitalisasi). Perubahan disini bisa berarti menambah nilai barang atau mengurangi nilai barang. Jika ingin menambah nilai suatu barang maka isikan dengan nilai plus (+) dan jika ingin mengurangi nilai suatu barang maka isikan dengan nilai minus (-). Sebagai masukan apabila dipilih jenis transaksi “Pengurangan Nilai Aset” maka sistem akan memberikan nilai minus secara otomatis untuk mencegah terjadinya salah input.

Apabila menu ini dipilih maka akan tampil layar isian sbb :
Tampilan Isian Perubahan BMN (1)

Semua kolom isian tidak jauh berbeda dengan isian pada perolehan BMN tetapi disini tidak perlu mengisikan FIB lagi, sebaliknya pada modul perubahan BMN ini pengguna harus mengisikan/merujuk pada nomor registrasi barang yang sudah ada untuk dilakukan perubahan nilainya seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini :
Tampilan Isian Perubahan BMN (2)

Setelah salah satu nomor registrasi barang dipilih maka kolom keterangan akan terisi secara otomatis nilai awal dari barang sebelum mengalami perubahan. Tambahkan keterangan-keterangan lain jika ada untuk pelengkap dokumen karena apa yang telah diisikan dalam kolom keterangan akan ditampilkan pada buku catatan laporan BMN (CALBMN)

3. Penghapusan BMN

Modul ini dipakai untuk melakukan penghapusan pada BMN karena dianggap barang tersebut sudah bukan menjadi miliknya atau barang tersebut dianggap sudah tidak bernilai. Apabila dipilih maka akan tampil layar isian sbb :
Tampilan Isian Penghapusan BMN (1)


Semua isian yang ada pada Penghapusan BMN ini tidak jauh berbeda dengan isian pada perubahan BMN hanya saja pada penghapusan harus disertakan nomor Surat Keputusan penghapusan dan tanggalnya.
Perlu diketahui juga pada daftar barang yang mengalami penghapusan terdapat tiga warna yang berbeda, warna biru yang berarti data sudah permanen dan tidak dapat dikoreksi atau dihapus lagi. Warna Hitam menandakan data masih bisa dikoreksi atau dihapus, dan warna Merah menandakan bahwa transaksi tersebut merupakan transaksi transfer keluar dan status barangnya masih dalam perjalanan ketempat tujuan. Disamping itu pada modul Penghapusan BMN ini pengguna harus memilih/merujuk pada nomor-nomor registrasi barang yang sudah ada untuk dilakukan penghapusan seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
Tampilan Isian Penghapusan BMN (2)

Apabila dipilih nomor register yang ada dalam daftar maka keterangan akan terisi secara otomatis tentang informasi jumlah dan nilai aset sebelum dihapus.

4. Konstruksi Dalam Pengerjaan (KDP)
Modul ini dipakai untuk melakukan pemeliharaan data KDP yaitu barang-barang yang berstatus dalam pengerjaan dan yang akan menjadi Aset Tetap. Bentuk Layar isiannya adalah sbb :
Tampilan Awal KDP

Selanjutnya klik tombol “Tambah” dan pilih tombol “FIB Baru” untuk mengisikan data kontrak baru. Bentuk isiannya adalah sbb :
Tampilan Isian Detil KDP
4. Barang Persediaan
Modul ini dipakai untuk mengisikan data barang persediaan baik pemasukan ataupun pengeluaran barang.

Bentuk Layar isian untuk pemasukan barang persediaan adalah sbb :
Tampilan Pemasukan Persediaan

Periode Anggaran : sistem akan menampilkan periode anggaran yang aktif saat aplikasi dijalankan. Tujuan dari periode anggaran ini adalah untuk membatasi pengisian data agar tidak mengisikan tanggal buku diluar batas anggaran yang aktif.
UO : pilih UO yang ada dan sistem akan memberikan pilihan sesuai identitas user yang dipakai
Kotama : akan ditampilkan otomatis sesuai pilihan satpornya
Satpor : pilih kode satpor yang akan dimasukkan datanya dan sistem akan memberikan pilihan sesuai identitas user yang dipakai
Jenis Trx : pilih jenis transaksi yang ada, apabila jenis transaksinya berupa pengiriman atau penerimaan data ke satker/instansi lain maka akan ditampilkan isian untuk satker/instansi terkait.
Kelompok : sistem hanya memberikan pilihan “Persediaan” karena menu ini dipakai untuk mengisikan barang yang berhubungan dengan persediaan saja.
Komoditi : pilihlah komoditi yang sesuai dengan data yang akan dimasukkan
Nama Lokasi Penyimpanan : dipilih kode lokasi tempat penyimpanan barang dan pilihan yang ada sesuai dengan satpor yang dipilih

Sebelum menekan tombol “Tambah” tentukan terlebih dahulu komoditi dari barang persediaan yang akan dimasukkan serta lokasi dari barang persediaan tersebut jika ada. Kemudian tekan tombol “Tambah” dan hasilnya seperti pada layar dibawah ini :
Tampilan Isian Detil Persediaan

Pilih Jenis, Fungsi dan Sebutan/Merk atau tekan tombol “?” untuk mencari barang persediaan yang hendak dimasukkan. Perlu diketahui untuk kolom isian Nama Barang dan Part Number adalah merupakan penjabaran lebih detil dari barang yang dipilih. Pilihlah jika memang ada pilihan yang tepat atau isikan uraian yang sesuai untuk penjelasan barang tersebut.

Bentuk Layar isian untuk pengeluaran barang persediaan adalah sbb :
Tampilan Pengeluaran Persediaan

Pada modul ini hanya barang-barang yang mempunyai stok saja yang bisa diinputkan datanya, atau dengan kata lain kuantitas barang yang akan dikeluarkan akan tergantung dari jumlah stok yang tersedia. Perlu diketahui juga bahwa nilai barang yang dikeluarkan akan mengikuti aturan FIFO.


5. Barang Bersejarah

Modul ini dipakai untuk memelihara data barang bersejarah
Adapun bentuk layar isiannya adalah sbb :
Cara pengisiannya tidak jauh berbeda dengan cara pengisian pada modul perolehan atau penghapusan BMN atau Barang Persediaan.

6. Distribusi DIR

Menu Distribusi DIR adalah bagian yang dipakai untuk memasukkan data pendistribusian barang keruangan masing-masing sesuai tempat barang tersebut akan diletakkan.

Bentuk isiannya adalah sebagai berikut :
Form isian Distribusi DIR

Pilih ruangan dimana barang akan ditempatkan, dan sistem akan menampilkan secara otomatis barang-barang yang ada diruangan tersebut. Kemudian pilihlah pada daftar barang untuk item-item barang yang akan dimasukkan kedalam ruangan terpilih.
Klik 2 kali untuk item yang ada pada daftar barang untuk memindahkan kedalam ruangan terpilih atau tekan tombol “(+) Semua” untuk memindahkan semua item yang ada pada daftar barang kedalam ruangan terpilih. Demikian juga sebaliknya klik 2 kali pada daftar barang yang diruangan untuk mengeluarkan barang tersebut dari ruangan atau tekan tombol “Semua (-)” untuk mengeluarkan semua barang dari ruangan. Jangan lupa tekan tombol “Simpan” untuk menyimpan semua perubahan yang terjadi.

7. Distribusi DIL
Form isian Distribusi DIL/DBL

Pilih lokasi dimana barang akan ditempatkan, dan sistem akan menampilkan secara otomatis barang-barang yang ada di lokasi tersebut. Kemudian pilihlah pada daftar barang untuk item-item barang yang akan dimasukkan kedalam ruangan terpilih.
Klik 2 kali untuk item yang ada pada daftar barang untuk memindahkan kedalam lokasi terpilih atau tekan tombol “(+) Semua” untuk memindahkan semua item yang ada pada daftar barang kedalam lokasi terpilih. Demikian juga sebaliknya klik 2 kali pada daftar barang yang di lokasi untuk mengeluarkan barang tersebut dari lokasi atau tekan tombol “Semua (-)” untuk mengeluarkan semua barang dari lokasi. Jangan lupa tekan tombol “Simpan” untuk menyimpan semua perubahan yang terjadi


8. Riwayat
Modul ini dipakai untuk mengisikan data riwayat tanah atau bangunan yang ada. Bentuk layar isiannya adalah sebagai berikut :
Tampilan Isi Riwayat Tanah
Tampilan Isi Riwayat Bangunan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar